Kamis, 24 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

Konsumer

Perluas Pasar, Belfoods Ubah Logo

Jumat, 29 April 2011 | 13:09 WIB

Baca juga

KOMPAS.com — Logo adalah identitas yang membantu sebuah produk dikenal masyarakat. Logo yang mudah dikenali memudahkan masyarakat untuk menemukan produk yang disukainya. Begitu pula kemasan pada produk. Kemasan yang bersih, rapi, dan menarik dapat memikat hati konsumen untuk membeli dan menjadi pelanggan sebuah produk.

Hal ini yang coba dilakukan PT Belfoods Indonesia untuk lebih dekat dengan konsumennya. Logo dan kemasan produk Belfoods diubah agar lebih mudah dikenali. Pada logo baru, Belfoods menggunakan tanda hati yang melambangkan cinta. "Simbol hati ini menandakan cinta, bahwa apa pun yang kami lakukan dilandasi oleh cinta. Kami berharap logo ini dapat menyentuh konsumen kami sehingga mereka percaya akan mendapatkan makanan berkualitas. Heart juga bisa berarti jantung atau kesehatan. Produk kami terjamin kebersihan dan kesehatannya sehingga aman dimakan sebagai teman makan nasi," ujar Roy Atmadja, Direktur Utama PT. Belfoods Indonesia, saat press conference logo dan packaging baru Belfoods di Delibel Resto, Jalan. Tebet Barat Dalam Nomor 27, Jakarta, Kamis (28/4/2011).

Pelopor produsen nugget di Indonesia ini menjamin bahwa produk-produk mereka aman dikonsumsi. Terbukti dengan sertifikat halal dari MUI dan sudah memenuhi standar keamanan pangan dan regulasi Pemerintah Indonesia (BPOM).

Di samping itu, quality system yang diterapkan Belfoods Indonesia juga memenuhi standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan GMP (Good Manufacturing Practise) yang menjadi acuan Internasional Chain Restaurant.

Adapun untuk kemasan, Belfoods mengubah seluruh kemasan produk-produknya dengan satu ciri khas berupa garis-garis di sudut kemasan. "Kalau ada garis-garisnya di ujung kemasan, itu berarti produk Belfoods," ujar Francisca Lucky Permanawati, Head of Marketing Communication PT Belfoods Indonesia, yang juga hadir dalam acara ini.

Produk-produk yang dihasilkan PT Belfoods Indonesia selama tujuh tahun berdiri dikenal dengan merek Delfarm, Belfood 222, dan Uenaak. Kini, ketiga merek tersebut dilebur ke dalam satu merek produk dan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu  Belfoods Royal, Belfoods Favorite, dan Belfoods Uenaak.

Belfoods Royal dengan warna kemasan kuning gold ditargetkan untuk pangsa pasar cluster premium. Belfoods Favorite dengan warna kemasan oranye atau merah ditargetkan untuk pangsa pasar cluster medium. Sedangkan Belfoods Uenaaak dengan warna kemasan merah ditargetkan untuk pangsa pasar low cluster. "Dengan ini, kami berharap produk-produk Belfoods bisa dinikmati semua kalangan. Sehingga produk ini tidak hanya bisa dibeli di supermarket besar, tetapi juga bisa dijangkau di pasar-pasar tradisional," tutup Francisca.


Editor : Erlangga Djumena