Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Berlakukan "Fuel Surcharge"

Kompas.com - 29/04/2011, 19:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia (IAA) akhirnya menyerah dengan tekanan harga bahan bakar pesawat jet (avtur) yang semakin tinggi. Harga avtur ini mengikuti kenaikan harga minyak  yang sudah melampaui 140 dollar AS per barel. Seperti diketahui, bahan bakar merupakan komponen biaya terbesar dalam dunia penerbangan. Prosentasenya bisa mencapai 20-60 persen dari keseluruhan biaya per penerbangan.

IAA akan memberlakukan biaya tambahan bahan bakar (fuel surcharge) untuk penerbangan rute internasional mulai tanggal 3 Mei 2011. Namun ketentuan ini tidak berlaku bagi kursi yang telah dipesan sebelum tanggal 3 Mei tersebut. Biaya tambahan bahan bakar untuk rute internasional selama ini tidak diatur oleh Pemerintah namun dilepas ke mekanisme pasar.

Direktur Utama IAA, Dharmadi mengaku maskapainya telah melakukan upaya keras untuk membendung biaya tambahan ini. Namun kenaikan harga bahan bakar dan faktor eksternal lainnya akhirnya memaksa biaya ini dimunculkan. Ia berharap situasi ini akan bersifat sementara.

Tambahan biaya yang akan diterapkan adalah Jakarta - Singapura, Bandung - Singapura, Medan - Penang, dan Medan - Kuala Lumpur sebesar Rp 30.000 sekali jalan. Untuk rute Jakarta- Kuala Lumpur, Jakarta - Penang, Jakarta - Phuket, Denpasar - Darwin, Denpasar - Singapura, Surabaya - Kuala Lumpur, Medan - Bangkok, Yogyakarta - Singapura dan Bandung - Kuala Lumpur sebesar Rp 60.000 sekali jalan.

Sedangkan rute Jakarta - Ho Chi Min City, Jakarta - Bangkok, Denpasar - Kuala Lumpur, Denpasar - Perth, Surabaya – Bangkok, Surabaya - Penang dan Medan - Hong Kong biaya tambahannya sebesar Rp 90.000 sekali jalan. (Angkasa/Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com