Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

BRI Akan Punya 10.000 ATM

Kompas.com - 04/05/2011, 07:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan mempunyai 10.800 buah anjungan tunai mandiri (ATM) pada tahun 2013. Oleh karena itu, dalam dua tahun ke depan akan ada penambahan sekitar 4.100 ATM. 

"Hingga saat ini total ATM BRI di seluruh Indonesia berjumlah 6.685 buah," tutur Sekretaris Perusahaan BRI Muhammad Ali dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (3/5/2011).

Selain dari penambahan kuantitas, lokasi yang strategis dan mudah diakses juga akan menjadi salah satu pertimbangan dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi nasabah.

Sebagai contoh, Ali menyebutkan, BRI telah membuka ATM Drive-Thru yang ke-10 di Senayan pada 3 Mei lalu. Dengan keberadaannya di antara kawasan perkantoran dan pusat perbelanjaan, diharapkan ATM itu dapat lebih mengakomodasi para nasabah.

Sekalipun jumlahnya akan ditingkatkan, penentuan lokasi berdirinya ATM tidak akan mengabaikan faktor keamanan. ATM banyak ditemukan menempel di kantor cabang dengan maksud untuk meminimalisasi kerugian dan pengawasan yang lebih ketat. ATM pun dilengkapi dengan CCTV dan penjagaan oleh pihak keamanan.

Hingga saat ini, jumlah transaksi melalui ATM, yang menyediakan 11 menu fitur utama dan 52 fitur layanan, dapat mencapai 1 juta transaksi per hari. "Peningkatan fee based income dari 2009 ke 2010 adalah 101,67 persen, sedangkan fee based income dari penggunaan transaksi ATM BRI pada tahun 2010 sebesar Rp 237,97 miliar," tuturnya.

Selain ATM, BRI juga akan menambah 30.000 EDC (Electronic Data Capture) dan 20 CDM (Cash Deposit Machine) hingga tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com