Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MoneyGram Gandeng BCA

Kompas.com - 04/05/2011, 11:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MoneyGram International menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk pelayanan kiriman uang tunai dari seluruh dunia ke Indonesia. Dengan demikian, BCA menjadi agen MoneyGram dengan jaringan terluas di Indonesia, di mana pencairan uang kini dapat dilakukan di 906 cabang BCA. "Dana dapat dicairkan dalam waktu 10 menit," jelas Wakil Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di Jakarta, Rabu ( 4/5/2011 ). 

Dalam kerjasama ini, target kedua kedua insitusi ini pun akan berdampak besar bagi para TKI (Tenaga Kerja Indonesia), selain kalangan profesional dan bisnis.

Mengenai remitansi TKI, selama 10 tahun BCA telah menggarapnya. Pada 2010 nilai remintansi yang digarap mencapai 6,7 miliar dolar AS, dengan jumlah TKI yang mencapai 4,3 juta pekerja di seluruh dunia.

Demi melayani remitansi ini, BCA telah membangun aplikasi FIRe (Financial Institution Remmittance) guna memberi kemudahan dan fleksibilitas. Salah satu yang populer di kalangan TKI yaitu FIRe cash, yaitu kiriman uang tunai berbasis web, untuk para pekerja yang tidak mempunyai rekening. "Kemitraan dengan MoneyGram ini menambah akses yang makin terjangkau bagi pengirim dari seluruh dunia untuk menyampaikan uang tunai dengan cepat dan aman," sebutnya. 

Pencairan uang MoneyGram di BCA tidak akan dikenakan biaya atau potongan apapun. Bahkan setiap transaksi akan diperlengkapi nomor rahasia PIN yang unik. Maka dalam proses pencairan, konsumen dapat lebih aman dengan menunjukkan nomor PIN dan KTP yang masih berlaku. Nantinya, pencairan pun akan dikembangkan untuk dapat melalui ATM.

Keuntungan lainnya, MoneyGram pun akan mengenakan ongkos kirim ke Indonesia dengan hanya sebesar 1 riyal dari Arab Saudi), 1 dirham dari UAE), dan 1 dollar Hongkong dari Hongkong. Ini akan berlaku selama masa promosi selama 1 Mei hingga 30 Juni 2011 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com