Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Turun

Kompas.com - 17/05/2011, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga minyak mentah hari Selasa (17/5/2011) pada perdagangan di Asia kembali turun. Menurut para analis, penurunan harga ini akibat sentimen kekhawatiran permintaan energi.

Kontrak utama minyak mentah jenis light sweet pengiriman Juni turun 27 sen ke posisi 97,10 dollar AS per barrel. Sementara minyak jenis Brent North Sea terkikis 30 sen ke posisi 110,54 dollar AS. Keduanya ditutup turun pada perdagangan AS hari Senin.

"Jelas kami turun pada sesi AS. Banyak yang harus dilakukan dengan kekhawatiran untuk permintaan AS," kata Ben Westmore, ekonom komoditas National Australia Bank.

Harga minyak mentah mulai jatuh awal bulan ini seiring dengan meningkatnya kekhawatiran bahwa tingkat harga yang tinggi bisa mengikis permintaan energi, terutama di Amerika Serikat, konsumen minyak nomor satu di dunia.

Pekan lalu, Badan Energi Internasional (IEA) memangkas prospek pertumbuhan permintaan minyak dunia tahun 2011, sebanyak 190.000 barrel per hari (bph) menjadi 89,2 juta bph akibat tingginya harga minyak dan melemahnya pemuliham ekonomi negara-negara kaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com