Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemhub Ancam Cabut Izin Rute Lion Air

Kompas.com - 09/06/2011, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Izin rute penerbangan Lion Air terancam dicabut. Menteri Perhubungan Freddy Numberi menegaskan, pihaknya akan mencabut izin dari beberapa rute penerbangan jika Lion Air tak segera membenahi manajemen waktu.

"(Izin) beberapa rute terbang akan kami cabut. Kami sudah berikan teguran. Kalau nanti tidak berubah, akan kami cabut beberapa rute," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kamis (9/6/2011).

Menurut Freddy, permasalahan yang paling krusial di tubuh Lion Air adalah perihal manajemen waktu. Pasalnya, dengan rute terbang yang cukup banyak, Lion Air tak mampu mengatur waktu penerbangan dengan baik. "Lion Air berharap, pada beberapa rute, volume penumpang meningkat. Namun, manajemennya tidak bisa mengatasi. Jadi, biar diberikan ke operator yang lain supaya tak terjadi gangguan," ucapnya.

Freddy mengatakan, saat ini pihaknya telah melayangkan teguran ketiga kepada pihak Lion Air. Jika permasalahan penundaan keberangkatan pesawat terulang kembali, pihaknya tak segan-segan langsung mengambil tindakan pencabutan tersebut. Pasalnya, kebiasaan tersebut dinilai sudah terlalu sering dan merugikan waktu penumpang.

Freddy pun mengatakan, gara-gara kasus penundaan keberangkatan, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap Lion Air. "Saya sudah menginstruksikan Direktur Jenderal Perhubungan Udara memanggil Lion Air untuk dievaluasi," ujarnya.

Hasil evaluasi ini nanti akan menjadi landasan terhadap sanksi yang akan dijatuhkan kepada Lion Air terkait masalah penundaan keberangkatan yang kerap terjadi dalam maskapai itu. (Irma Yani/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com