Sabtu, 23 Agustus 2014

/ Bisnis & Keuangan

Inspirasi Usaha

Mengintip Keuntungan Waralaba Kursus Bahasa Inggris

Jumat, 10 Juni 2011 | 07:37 WIB

KOMPAS.comThe Wall Street Journal, Agustus 2010 menyatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris tertinggi di Asia diduduki oleh Singapura. Dengan lebih dari 220 juta penduduk, ini berarti peluang untuk pendidikan bahasa Inggris di Indonesia masih sangat luas karena kebutuhan akan penguasaan bahasa Inggris masih tinggi.

Salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris di Indonesia adalah ELTI-Gramedia. Setelah berdiri selama lebih dari 20 tahun, pada 2011 ini ELTI-Gramedia memberi kesempatan waralaba (franchise) bagi perusahaan yang ingin mendirikan usaha di bidang pendidikan bahasa Inggris. Mengapa waralaba dan mengapa harus ELTI-Gramedia?

Studi dari US Small Business Administration dari tahun 1978 hingga 1998 menemukan fakta bahwa 62 persen bisnis yang dikembangkan tanpa sistem waralaba mengalami kebangkrutan. Artinya, risiko membangun usaha dari nol cukup berat. Jadi waralaba bisa menjadi solusi untuk investasi.

ELTI-Gramedia adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun.  Fasilitas yang ditawarkan ELTI-Gramedia di antaranya adalah perekrutan dan training tenaga akademik, yang terdiri atas satu orang learning center manager dan empat tenaga pengajar. Perekrutan dan training tenaga nonakademik, yang terdiri dari satu orang front office officer, satu orang general affair officer, dan satu orang finance administration. ELTI-Gramedia juga memberikan materi pengajaran untuk pembukaan kelas-kelas perdana, dengan teaching aids standar dan papan nama learning center di depan gedung.

Keuntungan menjadi mitra ELTI-Gramedia adalah return on investment yang memadai (3 tahunan) dengan masa kontrak hingga 10 tahun, dengan dukungan perusahaan besar Kompas Gramedia. Memiliki wilayah kemitraan eksklusif dengan pelatihan dan perekrutan SDM yang terstruktur, juga dukungan operasional dan manajemen berbasis SOP yang berkualitas tinggi, serta dukungan promosi bersama.

Untuk menjadi mitra ELTI-Gramedia, pelaku bisnis harus memenuhi persyaratan antara lain memiliki visi bisnis kuat dan peduli terhadao pendidikan, memiliki bangunan ruko (rumah) yang cukup untuk minimal enam ruang kelas (luas bangunan +/-350m2 atau ruko minimal tiga lantai), memiliki lokasi yang strategis dan lahan parkir yang cukup, diperbolehkan berasal dari organisasi atau perseorangan, diutamakan yang punya minat pada pendidikan yang berkualitas, serta sanggup menjalankan semua SOP dan kebijakan perusahaan untuk kemajuan bersama, menyiapkan biaya waralaba sebesar Rp 240 juta untuk kontrak jangka waktu 10 tahun, dan membayar royalti fee sebesar 10 persen setelah bulan ketujuh beroperasi.

Dengan total modal Rp  600 juta, ELTI-Gramedia memperkirakan keuntungan di tahun pertama yang bisa diraih adalah sebesar 12 persen, pada tahun kedua sebesar  9 persen, dan tahun ketiga sebesar 17 persen. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi ELTI-Gramedia di Wijaya Grand Center Blok F 83-84 A&B  Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta.

Dengan kemitraan yang makin luas, selain mendatangkan keuntungan pada para pengusaha, hadirnya Franchise ELTI-Gramedia di berbagai daerah diharapkan dapat meningkatkan kemmampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia sehingga mampu bersaing di dunia internasional.


Editor : Erlangga Djumena