Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Banyak Kontraktor Terancam Bangkrut

Kompas.com - 13/07/2011, 11:49 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bakal banyak kontraktor yang menghadapi kenyataan pahit, yakni ancaman kebangkrutan. Hal itu diutarakan di hadapan peserta Musyawarah Kerja Nasional Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) di Makassar, Rabu (13/7/2011).

Mukernas itu dibuka Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional Malkan Amin.

Menurut Jusuf Kalla, ancaman kebangkrutan bagi kontraktor itu disebabkan berbagai faktor. Anggaran pemerintah yang tersedia untuk membangun infrastruktur, yang merupakan bagian pekerjaan kontraktor, makin terbatas.

Hal itu disebabkan semakin besarnya alokasi anggaran untuk subsidi yang sebenarnya bisa dikurangi pemerintah, misalnya, dengan mengurangi subsidi bahan bakar minyak yang banyak salah sasaran.

"Jadi yang banyak terancam kebangkrutan itu adalah kontraktor yang mengandalkan proyek pemerintah," katanya.

Oleh karena itu, kata Jusuf Kalla, yang juga pernah memimpin perusahaan kontraktor, harus kreatif mencari bisnis di luar proyek yang dibiayai APBN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com