Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mastan Incar Ibu Rumah Tangga

Kompas.com - 13/07/2011, 18:38 WIB

KOMPAS.com — Peran ibu rumah tangga ternyata amat penting bagi makin meluasnya kesadaran menggunakan produk-produk berstandardisasi. Makanya, sebagaimana catatan pada Rabu (13/7/2011), saat musyawarah wilayah Masyarakat Standardisasi Indonesia (Mastan) di Yogyakarta, hal itu menjadi salah satu pertimbangan yang mengemuka.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Mastan Yogyakarta, Syakir Hasyimi, peran ibu rumah tangga amatlah penting. Pasalnya, seorang ibu rumah tangga acap menjadi pengambil keputusan, misalnya, untuk pembelian produk-produk rumah tangga. Termasuk, tentunya, produk-produk yang sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).  "Peran dan fungsi kaum ibu di Indonesia adalah titik simpul strategis untuk suksesnya sosialisasi dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia sekaligus peduli produk-produk ber-SNI," kata Syakir.

Lebih lanjut, menurut Syakir, sosialisasi sekaligus perluasan pemahaman soal SNI dilakukan dengan mengedukasi para ibu rumah tangga. Menurut rencana, Mastan dalam waktu dekat akan membuat dan menerbitkan buku seri popular berisi gradasi SNI mengenai hal-hal ringan dan popular yang dibutuhkan setiap rumah tangga dalam keseharian mereka. Lalu, ada juga gradasi informasi lebih lanjut seputar SNI yang terkait dengan hal popular tersebut. Kemudian, ada pula info popular seputar Mastan terkait dengan hal popular tersebut. Selanjutnya, Mastan akan melansir petunjuk memilih produk ber-SNI terkait hal popular tersebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com