Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuh 4.100, IHSG Ciptakan Rekor Lagi

Kompas.com - 22/07/2011, 09:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekan ini merupakan kenaikan selama lima minggu berturut-turut dan merupakan reli terpanjang Indeks Harga Saham Gabungan sejak September tahun lalu. Meski demikian, Jumat (21/7/2011) ini, IHSG tetap diproyeksikan mencoba kembali naik ke level 4.100 mengikuti sentimen positif bursa regional.

Pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia hari ini, IHSG langsung melejit 32,35 poin ke level 4.100,419. Posisi ini merupakan level tertinggi dalam sejarah perdagangan harian BEI.

Analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi, menyatakan, sentimen positif bursa regional tetap bisa mengangkat bursa nasional. Bursa AS ditutup menguat tajam pada perdagangan hari Kamis.  

"Dari data ekonomi AS, data initial claims, menunjukkan hasil yang tidak begitu baik, tetapi pasar melihat tren secara umum akan menurun. Beberapa indikator ekonomi lain seperti aktivitas manufaktur, leading indicator menunjukkan hasil yang kurang lebih sama dengan perkiraan pasar," kata Yanuar.  

Kemarin IHSG kembali naik tipis 17,4 poin (0,43 persen ) ke level 4.068,07 dengan jumlah transaksi sebanyak 18,6 juta lot atau setara dengan Rp 5,6 triliun rupiah. Tercatat 130 saham naik, 119 saham turun, 70 saham tidak mengalami perubahan, dan 134 saham tidak diperdagangkan sama sekali.

Managing Research Indosurya Asset Management Reza Priyambada menyatakan, hari ini IHSG akan berada pada support 4.038-4.053 dan resistance 4.077-4.087. Meski ada kemungkinan koreksi, dukungan sentimen positif bursa Eropa dan AS, IHSG diperkirakan bisa kembali menguat. "Investor tetap perlu mewaspadai aksi profit taking mengingat sudah overbought-nya posisi IHSG ," kata Reza.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com