Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puaskan Karyawan, AXA Bidik Nomor Satu

Kompas.com - 22/07/2011, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — AXA Indonesia menargetkan menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia pada 2012. Untuk mencapainya, AXA akan terus mendorong pertumbuhan premi di atas rata-rata industri.

"Kami optimistis pada 2012 bisa menjadi yang terbesar. Ini berdasarkan perkembangan kinerja kami dalam tiga tahun terakhir dibandingkan industri," kata Country CEO AXA Indonesia, Randy Lianggara, Jumat (22/7/2011), di Jakarta.

Randy menjelaskan, empat tahun lalu, AXA masih peringkat kelima. Namun, pada 2010, AXA sudah menjadi asuransi jiwa kedua terbesar dengan perolehan premi Rp 4,13 triliun. Sementara asuransi terbesar masih dipegang Prudential Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, AXA Indonesia juga mencatat pertumbuhan tercepat dibandingkan AXA regional lainnya. Randy mencontohkan, pada 2007, perolehan premi AXA Indonesia hanya seperempat AXA Hongkong, yang merupakan AXA terbesar di kawasan Asia. Namun, pada 2010, premi AXA Indonesia sudah 90 persen dari AXA Hongkong.

Menurut Randy, AXA Indonesia memang mencatat pertumbuhan tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Selama 2008-2010, premi AXA tumbuh hampir 50 persen dari Rp 2,8 triliun menjadi Rp 4,13 triliun.

Untuk menciptakan pertumbuhan tinggi yang berkelanjutan itu, strategi yang dikembangkan AXA tidak melulu soal bagaimana mengembangkan produk dan pemasaran yang andal. Justru, kata Randy, strategi yang paling utama yang dilakukan AXA adalah bagaimana perusahaan memerhatikan karyawannya.

"Ini memang tidak biasa, tetapi itulah kenyataannya. Kunci pertumbuhan AXA ternyata adalah kepuasan karyawan," kata Randy.

Randy mengatakan, AXA mengalokasikan anggaran yang relatif besar untuk kepentingan karyawan di luar gaji dan bonus rutin. "Tidak hanya karyawan, keluarga karyawan pun kami perhatikan. AXA kerap memberikan hadiah ulang tahun untuk suami, istri, atau anak karyawan," katanya.

Kepuasan karyawan juga tercipta oleh hubungan yang cair dengan pimpinan. Pimpinan AXA selalu terbuka memberikan informasi kepada karyawan sehingga pimpinan dan karyawan berada dalam visi dan misi yang sama.

Kepuasan karyawan, menurut Randy, ternyata menimbulkan multiplier effect terhadap seluruh lini bisnis asuransi. Karena puas, karyawan bisa bekerja dengan kemampuan terbaiknya sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik pula kepada para agen dan distributor. Distributor yang puas selanjutnya juga memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com