Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Turun

Kompas.com - 30/07/2011, 06:43 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak jatuh pada Jumat  (29/7/2011) waktu setempat, diguncang data buruk yang tak terduga pada perekonomian AS, selain adanya perdebatan pagu utang di Washington.

Pada kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman September jatuh 1,74 dollar AS ditutup pada 95,70 dollar AS per barrel. Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman September turun 62 sen menjadi 116,74 dollar AS per barrel di Intercontinental Exchange.

"Pasar terus tertekan oleh kekhawatiran tentang utang (pagu) di AS, dan angka produk domestik bruto (PDB) yang keluar  pagi ini tidak menjawab harapan. Ini berita buruk, pasar terus ditekan," kata Tom Bentz, analis minyak untuk BNP Paribas.

Pemerintah AS melaporkan, PDB kuartal kedua hanya tumbuh 1,3 persen, jauh di bawah ekspektasi ekonom. Pemerintah juga memangkas perkiraan pertumbuhan PDB kuartal  pertama menjadi hanya 0,4 persen dari estimasi awal sebesar 1,9 persen. Hal itu menunjukkan pemulihan ekonomi hampir terhenti di awal tahun.

Sementara itu, politisi di Washington berusaha mencapai kesepakatan untuk menaikkan batas pinjaman negara di atas 14,29 dollar AS pada Selasa (2 Agustus) saat Departemen Keuangan AS mengatakan akan kehabisan uang untuk membayar tagihannya.

Sekalipun jika Demokrat  dan Republik yang terpecah meraih kesepakatan di menit terakhir, banyak pengamat khawatir, lembaga pemeringkat masih akan menurunkan peringkat kredit tertinggi Amerika Serikat.

Langkah tersebut juga akan memiliki dampak negatif pada pasar keuangan dan lebih lanjut dapat memperlambat pertumbuhan di AS, konsumen minyak terbesar di dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com