Rabu, 23 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

Dalam 13 Tahun

Untuk Kali Pertama, Bank Sentral Korsel Beli Emas

Selasa, 2 Agustus 2011 | 09:36 WIB

Baca juga

SEOUL, KOMPAS.com Bank Sentral Korea Selatan, Selasa (2/8/2011) mengatakan, pihaknya membeli emas untuk kali pertama dalam 13 tahun, dalam rangka diversifikasi cadangan devisanya menjauh dari dollar AS.

Bank of Korea (BoK) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka membeli 25 ton emas dari pasar global antara Juni dan Juli, membawa total cadangan emas 39,4 ton pada akhir Juli.

"Pembelian emas, sebagai jaring pengaman, akan membantu kami mengatasi gejolak pasar keuangan global dan meningkatkan kepercayaan investor di Korea pada saat krisis," Hong Taeg-Ki, kepala manajemen cadangan devisa bank, mengatakan kepada Dow Jones Newswires. Dia tidak mengomentari apakah akan ada pembelian lebih.

Ini adalah kali pertama bank telah membeli emas sejak pembelian logam mulia Korea selama krisis keuangan Asia Timur 1997-1998.

Individu pada waktu itu mengumpulkan emas dari rumah mereka untuk membantu negara mereka mengatasi krisis.

Sejak krisis keuangan 2008, emas telah menjadi semakin menarik untuk bank sentral di seluruh dunia. Harganya pun telah meningkat tajam. Total cadangan devisa bank sentral berada pada rekor tinggi 311,04 miliar dollar AS pada akhir Juli.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Erlangga Djumena
Sumber: