Kamis, 24 April 2014

/ Bisnis & Keuangan

Pertumbuhan Ekonomi Belum Merata

Minggu, 7 Agustus 2011 | 14:02 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan ekonomi yang dicapai sampai dengan triwulan II masih belum merata. Pertumbuhan lebih banyak terkonsentrasi pada sektor, regional, dan kelompok tertentu. Karenanya dari sisi kualitas, pertumbuhan ekonomi masih belum memuaskan.

"Sisi kualitas jangan sampai diabaikan dalam mengejar target pertumbuhan ekonomi," kata ekonom Revrisond Baswir dari Universitas Gadjah Mada, yang dihubungi Kompas, Minggu (7/8/2011).

Dari sisi sektor konsentrasinya terletak pada konsumsi, sementara regional, pertumbuhan terkosentrasi di Pulau Jawa. "Dari sisi golongan pendapatan, pertumbuhan hanya dinikmati golongan menengah ke atas," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, struktur perekonomian Indonesia secara spasial masih didominasi Pulau Jawa dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 57,7 persen. Komponen pengeluaran rumah tangga menyumbang 54,3 persen.

"Kalau mau fokus pada kualitas, menurut Revrisond, maka pertumbuhan ekonomi tidak hanya dilihat dari pertumbuhan angka-angka saja.

 


Editor : Nasru Alam Aziz