Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Jiwa Motor Pertumbuhan Asuransi

Kompas.com - 12/08/2011, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Asuransi jiwa merupakan motor utama pertumbuhan asuransi di Indonesia. Hal itu antara lain terlihat dari penguasaan aset asuransi jiwa dalam industri asuransi di Indonesia.

Eric Sugandi, ekonom Standard Chartered, mengemukakan hal itu dalam paparan tentang lembaga keuangan nonbank di Jakarta, Jumat (12/8/2011).

"Asuransi jiwa menguasai 46 persen dari total aset industri asuransi di Indonesia pada tahun 2010," kata Eric.

Ia menambahkan, asuransi sosial menyusul dalam kepemilikan aset, yakni 27 persen dari total industri. "Selanjutnya asuransi sektor publik yang menguasai 15 persen dari total aset industri asuransi," ujar Eric.

Hasil penelitian Standard Chartered dari data Kementerian Keuangan menunjukkan perbandingan itu. Total aset industri asuransi di Indonesia mencapai Rp 400 triliun pada tahun 2010.

Asuransi jiwa membukukan aset Rp 183 triliun, asuransi sosial dengan aset Rp 107 triliun, dan aset asuransi sektor publik sebesar Rp 61 triliun. Adapun asuransi umum memiliki aset Rp 45 triliun dan reasuransi beraset Rp 2,5 triliun.

Secara keseluruhan, premi yang dibukukan pada tahun 2010 sebesar Rp 134 triliun dengan 142 perusahaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com