Sabtu, 30 Agustus 2014

/ Bisnis & Keuangan

Transportasi Mudik

KA Ekonomi AC Gajah Wong Diluncurkan

Senin, 15 Agustus 2011 | 15:07 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan merencanakan peresmian Kereta Ekonomi AC Gajah Wong, pada hari Rabu (24/8/2011). Kereta baru pesanan Ditjen Perkeretaapian ini diharapkan dapat membantu angkutan kereta mudik.

Demikian dikatakan Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Muhartono, Senin (15/8/2011) saat dihubungi. "Selanjutnya, kereta baru itu akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia," kata Muhartono.

Rangkaian kereta api ini akan melayani lintas Stasiun Pasar Senen-Lempuyangan (Yogyakarta). Satu kali perjalanan kapasitasnya mencapai 800 orang dengan toleransi 50 persen dari kapasitas.

Satu rangkaian terdiri dari 10 kereta, di mana setiap kereta dapat mengangkut 80 orang. KA Ekonomi AC Gajah Wong merupakan kereta ekonomi AC kedua yang dipesan oleh pemerintah dengan dana APBN 2010.

Pada musim Lebaran tahun 2010, telah diluncurkan KA Ekonomi AC Bogowonto. Keduanya, diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun.

Pemerintah memang bertekad mengganti seluruh kereta ekonomi dengan rangkaian kereta berpendingin ruangan. Hanya saja karena dana terbatas, hanya dapat diluncurkan satu rangkaian kereta per tahun. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Robert Adhi Kusumaputra