Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Ruang Pendingin Cegah Ikan Berformalin

Kompas.com - 16/08/2011, 13:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintah untuk menyediakan ruang pendingin (cold storage) sebagai langkah untuk mengatasi peredaran ikan berformalin.

"Kami sangat menyayangkan dengan maraknya ikan formalin di pasaran," sebut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan, Yugi Prayanto, di Jakarta, Selasa ( 16/8/2011 ).

Kadin melihat peredaran ikan dengan kandungan zat berbahaya ini makin marak di sejumlah pasar baik di Jakarta, maupun wilayah lainnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Kadin menginginkan pemerintah fokus dalam penyediaan ruang pendingin di setiap pasar rakyat. "Mereka (pedagang) butuh sarana pendukung untuk mengawetkan hasil perikanan agar tetap segar. Untuk itu, kami menilai bahwa pengadaan cold storage adalah solusi yang tepat," tambah dia.

Saat ini, Kadin pun tengah membuat skema pembiayaan dalam pengadaan sarana ini. Mengingat sarana ini terbilang memakan biaya yang tinggi. Ia menuturkan, pemerintah dapat bekerja sama dengan swasta dalam pengadaannya.

Selain ruang pendingin, showcase yang berpendingin juga dibutuhkan di setiap kios pedagang pengecer ikan. Ditambah dengan penyuluhan teknis secara berkala mengenai bagaimana penanganan ikan dan penggunaan sarana pendukung yang benar.

Terhadap peredaran ikan berformalin, ia berharap pemerintah dapat lebih tanggap dalam menertibkannya. Mengingat ikan ini tidak hanya berasal dari dalam negeri. "Terhadap ijin ataupun registrasi yang diberikan kepada importir, ini juga harus diperhatikan. Bila terbukti menggunakan formalin, maka pemerintah bisa memberikan sanksi terhadap pelakunya," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com