Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sky Aviation Beli 12 Sukhoi Super Jet

Kompas.com - 17/08/2011, 11:11 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com -- PT Sky Aviation dan Sukhoi Civil Aircraft Company menandatangani kontrak pembelian 12 pesawat Sukhoi Super Jet 100 (SSJ 100). Kontrak senilai 380,4 juta dollar AS tersebut ditandatangani Vladimir Prisyazhnyuk, Presiden Sukhoi Civil Aircraft Company serta Yusuf Ardhi selaku Komisaris Utama dan Krisman Tarigan selaku Direktur Utama PT Sky Aviation pada 16 Agustus 2011, di arena Internasional Aviation and Space Salon MAKS 2011 di kota Zhukovsky, Moskow.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti Gumay dan juru bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan turut hadir menyaksikan penandatanganan kontrak tersebut.

Penandatanganan kontrak pembelian 12 pesawat SSJ 100 merupakan langkah lanjut penandatanganan Head of Agreement (HOA) pada Juli lalu di Le Bourget Airshow, Perancis. "Kami sangat gembira dapat bekerja sama dengan Sky Aviation, walaupun sebagai perusahaan penerbangan baru telah berhasil mengembangkan network-rutenya di Indonesia. Tidak diragukan lagi dengan kemampuan operasional dan performansi dari Sukhoi Superjet 100 akan mendukung pengembangan network-rute Sky Aviation," tutur Vladimir Prisyazhnyuk.

Direncanakan, pesawat SSJ 100 pertama akan tiba di Indonesia pada Agustus 2012. "Kami sangat berharap pesawat akan kami terima pada 17 Agustus 2012, pada hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Sebagai sumbangsih Sky Aviation dalam nemperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia," tutur Krisman Tarigan.

Sukhoi SSJ 100 adalah pesawat berjelajah regional berkapasitas 100 tempat duduk yang didisain dan diproduksi Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC) yang bekerja sama dengan Alinea Aeronautica.

Sukhoi Civil Aircraft Company merupakan salah satu unit dari United Aviation Corporation yang memproduksi pesawat sipil. Sementara unit militernya sudah sangat terkenal dengan pesawat tempur yang memiliki kemampuan bermanuver. Indonesia telah memiliki beberapa pesawat tempur produksi Sukhoi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com