Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Anjlok 100 Dollar AS

Kompas.com - 25/08/2011, 09:19 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga emas jatuh menuju penurunan terbesar selama 18 bulan terakhir. Harga langsung bereaksi merespons kondisi pasar keuangan yang mulai stabil. Optimisme terhadap aset berisiko ini berhasil mengikis daya pikat logam mulia sebagai safe haven.

Seperti dirilis AP, harga emas anjlok pada perdagangan Rabu (24/8/2011) waktu setempat, seiring dengan bertambahnya kepercayaan diri para investor terhadap ekonomi global. Harga emas melorot 104 dollar AS atau 5,6 persen di posisi 1.757,30 per ounce. Ini merupakan penurunan persentase terbesar sejak Maret 2008. Meski secara keseluruhan harga emas untuk tahun ini masih naik 24 persen.

Sebelumnya, harga logam mulia ini sempat menembus 1.917 dollar AS per ounce, yang merupakan capaian tertinggi sepanjang perdagangan emas. Investor membeli emas karena kekhawatiran mengenai pelemahan ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa serta gejolak di pasar keuangan sejak awal Agustus ini.

Pada 16 Agustus silam, Wells Fargo & Co pernah memperingatkan, potensi bubble bisa terjadi dalam waktu dekat lantaran aksi beli emas beberapa waktu terakhir sudah bersifat spekulatif. "Penurunan ini merupakan cerita akhir dari perdagangan yang sangat ramai sebelumnya," ujar Adam Klopfenstein, senior market strategist MF Global Holdings Ltd di Chicago. Menurutnya, secara jangka pendek, optimisme di pasar saham tumbuh dan hal tersebut menjadi pertanda buruk bagi harga emas.

Sekedar kilas balik, pada kuartal kedua, miliarder dunia yaitu George Soros dan Eric Mindich memangkas kepemilikannya di SPDR Gold Trust. Sementara Paulson & Co yang dikelola oleh John Paulson mempertahankan posisinya di pasar emas. "Meluncurnya harga emas didorong oleh optimisme pasar bahwa The Federal Reserve segera mengumumkan pelonggaran kuantitatif," kata Patricia Mohr, analis komoditas Scotia Capital.

Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah bahwa investor sulit menebak apa yang akan terjadi. "Pada kenyataannya mereka dikecewakan oleh pasar emas," ujarnya. (Dyah Megasari/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com