Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB: Penduduk Miskin Indonesia Bertambah

Kompas.com - 25/08/2011, 10:13 WIB

MANILA, KOMPAS.com- Laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) terakhir menyebutkan, 245 juta penduduk Asia berhasil keluar dari kategori miskin dalam lima tahun terakhir. Namun, seperti dilaporkan  Kantor Berita AFP, Kamis (25/8/2011) di Manila, situasi kemiskinan di Indonesia, Pakistan, dan Nepal justru memburuk. Tidak disebutkan berapa besar pertumbuhan kemiskinan di tiga negara tersebut.

"Jumlah penduduk miskin di Indonesia, Pakistan, dan Nepal bertambah dibanding lima tahun lalu. Ini mungkin disebabkan pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) dan atau disebabkan semakin luasnya kesenjangan sosial," kata studi yang dilakukan ADB itu.

Untuk diketahui, standar kemiskinan yang digunakan ADB adalah penghasilan di bawah 1,25 dollar AS per hari (sekitar Rp 10.625).

Hingga akhir tahun lalu, jumlah penduduk sangat miskin mencapai 18,7 persen dari total warga Asia. Angka itu turun dari jumlah 27,09 persen di tahun 2005.

Pengurangan penduduk miskin terbesar tercatat di China dengan total 141,13 juta warga meninggalkan garis kemiskinan. Menurut ADB, meski krisis global terjadi, sejumlah negara Asia mampu mengentaskan warga dari kemiskinan akibat pertumbuhan ekonomi.

Sebanyak 149,9 juta penduduk Asia keluar dari kategori sangat miskin sepanjang 2005-2008. Selanjutnya pada kurun 2008-2010, 95,4 juta penduduk sangat miskin berkurang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com