Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Harus Bisa Olah Air Sungai

Kompas.com - 02/09/2011, 23:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarta harus mampu mengolah air dari 13 sungai yang mengalir menjadi air bersih bagi warganya. Jebolnya tanggul Kalimalang dan hilangnya pasokan air bersih bagi warga kota harus menjadi pelajaran mengenai pentingnya sumber air alternatif.            

"Jakarta tidak boleh lagi tergantung dengan sumber air dari Waduk Jatiluhur yang dialirkan melalui Kalimalang. Jakarta harus berinvestasi untuk membangun pengolahan air sungai yang kotor menjadi air bersih," kata anggota DPRD DKI Jakarta, M Sanusi, Jumat (2/9/2011) di Jakarta.            

Menurut Sanusi, ketergantungan Jakarta akan pasokan air dari Jatiluhur yang mencapai lebih dari 85 persen adalah kondisi yang tidak ideal. Seharusnya sebuah kota metropolitan seperti Jakarta mampu memenuhi kebutuhan airnya sendiri dan tidak tergantung pasokan dari luar daerah.            

"Kerusakan pintu air atau tanggul dapat diperbaiki dengan cepat dan air dapat mengalir lagi. Bagaimana jika terjadi kerusakan di waduk atau saluran air yang jauh dari jalan? Apakah warga Jakarta harus tidak mandi?" kata Sanusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com