Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI: Bursa Global Tak Goyahkan Indonesia

Kompas.com - 12/09/2011, 09:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas bursa optimistis, bursa Indonesia masih positif. Meski, kini kondisi bursa saham Eropa dan Amerika Serikat tengah berfluktuatif. "Pada dasarnya bursa saham Eropa dan Amerika Serikat berfluktuasi dalam jangka panjang, tapi kita masih positif," kata Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito, akhir pekan lalu.

Ito optimistis, ke depannya bursa saham Indonesia masih dalam tren menguat. Meski, katanya, Indonesia tentu tak bisa mengelak bahwa kondisi bursa saham di Eropa dan Amerika itu akan sedikit berpengaruh ke dalam negeri. "Indonesia akan terpengaruh dengan volatilitas itu, tapi tren indeks saham kita kan juga naik," tegasnya.

Untuk itu, ia menilai, saat ini BEI tidak perlu mengambil langkah antisipasi khusus. Menurutnya, BEI akan lebih banyak meningkatkan suplai saham melalui penawaran umum saham perdana dan penawaran umum terbatas dan memperkuat basis investor lokal.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sinarmas Sekuritas Kokarjadi Chandra berpendapat, meski kondisi bursa saham tengah berfluktuasi saat ini, minat penawaran umum saham perdana masih cukup baik. Namun penawaran umum saham perdana ini pun bergantung pada sektor emiten yang akan mencatatkan saham perdananya di BEI. "Penawaran umum saham perdana tergantung industri. Saat ini industri pertambangan masih sangat diminati karena permintaan lebih besar dibandingkan persediaan," tandasnya. (Irma Yan/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com