Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIA Delapan Kali Sehari Terbangi Singapura-Jakarta

Kompas.com - 15/09/2011, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Singapore Airlines (SIA) resmi menambah frekuensi penerbangan rute Singapura-Jakarta menjadi 8 kali sehari, terhitung mulai hari ini, Kamis (15/9/2011). Jadwal penerbangan tambahan ini akan membuat para pelanggan memiliki lebih banyak pilihan saat melakukan perjalanan rute Singapura-Jakarta.

Pesawat yang akan digunakan dalam layanan penerbangan tambahan ini adalah Boeing 777-200 yang memiliki kapasitas 288 kursi dengan nomor penerbangan SQ950 dan SQ953. Total penerbangan yang dioperasikan SIA sampai saat ini adalah 77 penerbangan mingguan ke Indonesia.

Penambahan layanan penerbangan ini juga bertujuan menyediakan lebih banyak pilihan koneksi di Singapura untuk penerbangan domestik Indonesia. Jadwal penerbangan harian kedelapan dari Singapura-Jakarta berangkat pukul 06.45 waktu setempat, sementara penerbangan dari Jakarta dijadwalkan berangkat pukul 08.25 WIB setiap harinya.

Manager Public Relations SIA untuk Indonesia Glory Henriette mengungkapkan, nilai lebih dari penerbangan kedelapan ini adalah jadwal kedatangan dari Singapura ke Jakarta yang paling pagi.

"Jadwal kedatangan Singapore Airlines sampai Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 07.30 sehingga para penumpang dari Singapura bisa langsung beraktivitas, terutama untuk para pebisnis," kata Glory.

Selain itu, Glory menambahkan, Kamis pagi ini, Singapore Airlines memberikan pelayanan istimewa kepada para penumpang dengan nomor penerbangan SQ953 untuk menandai peresmian jadwal penerbangan baru.

"Sebelum penerbangan tadi, kami memberikan small gift dari Singapore Airlines dan juga makanan kecil. Tidak hanya itu, untuk penerbangan pertama ini kami menawarkan tarif promo kepada para penumpang," ungkapnya.

Selain penambahan jadwal penerbangan baru, hari ini Singapore Airlines juga memperkenalkan kabin baru pada pesawat Boeing 777-300-R dengan nomor penerbangan SQ957 dan SQ955, yang baru pertama melayani penerbangan dari dan ke Indonesia. General Manager Indonesia Singapore Airlines David Lau mengungkapkan bahwa penambahan pesawat baru ini untuk meningkatkan pelayanan penerbangan SIA menjadi lebih baik.

"Kami mengoperasikan pesawat dengan seat yang lebih nyaman. Baik untuk first class, business class, maupun economy class," kata David Lau saat penjelasan mengenai kabin baru di lounge Bandara Soekarno-Hatta, di Cengkareng, Kamis (15/09/11).

Boeing 777-300R yang dioperasikan SIA ini menawarkan 8 tempat duduk first class, 50 untuk business class, dan 226 untuk economy class. Keunggulan first class SIA dibandingkan dengan maskapai lain adalah tempat duduk penumpang yang cukup luas dan eksklusif karena hanya ada 8 seat di kelas tersebut.

"Saat ini baru dua pesawat sejenis yang kami operasikan per harinya, tetapi pada akhir Maret 2011 akan ada dua pesawat lagi yang akan melayani penerbangan Jakarta-Singapura," kata David.

Dalam kesempatan tersebut, David juga menginformasikan penerbangan rute baru dari Silk Air, salah satu anak perusahaan Singapore Airlines, yang juga mengoperasikan 53 penerbangan per minggu ke delapan destinasi di Indonesia. Sebelumnya, Silk Air melayani rute Singapura ke kota Balikpapan, Lombok, Manado, Medan, Palembang, Solo, Pekanbaru, dan Surabaya.

Mulai tanggal 11 Oktober 2011, Silk Air akan membuka rute penerbangan baru Singapura-Bandung dan rute sebaliknya tiga kali dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com