Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animo Masyarakat Gunakan SMS Banking Meningkat

Kompas.com - 21/09/2011, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Animo masyarakat untuk melakukan transaksi melalui layanan SMS banking Bank BRI tumbuh pesat. Transaksi SMS banking BRI pun mencapai lebih dari 2 juta transaksi per bulannya. Bahkan, per Agustus 2011, nasabah yang melakukan transaksi dengan SMS banking mencapai 2,26 juta transaksi.

"Perkembangan transaksi SMS Banking BRI sangat berkembang pesat. Dari awal tahun hingga sekarang sudah naik lebih dari 50 persen," ujar Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Muhamad Ali, di Jakarta, Rabu (21/9/2011).

Ia menyebutkan, bertumbuhnya transaksi lewat layanan ini sebagai dampak dari penetrasi ponsel dan telekomunikasi di masyarakat. Alhasil, terjadi peralihan transaksi nasabah dari bentuk konvensional ke jaringan perbankan mobile.

Ali mengatakan, penetrasi ponsel di pasar Indonesia cukup pesat, dengan peningkatan tiga kali lipat sepanjang 2005-2010. Sementara itu, perangkat telepon berkabel justru turun lebih dari 50 persen pada periode tersebut.

Memanfaatkan kondisi tersebut, BRI pun semakin mempermudah aplikasi transaksi, di antaranya dengan menghadirkan top up BRIZZI dan Mocash. Ali mengatakan, nasabah aktif SMS banking BRI kini mencapai 1,2 juta.

"Ini berarti meningkat lebih dari 90 persen dari Desember 2010. Dan, akan terus meningkat," tegas Ali. Ia menyebutkan pengguna layanan ini bukan hanya nasabah Tabungan Britama, tetapi juga nasabah Simpedes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com