Sabtu, 1 November 2014

/ Regional

Lampu Runway Bandara Banjarmasin Mendadak Padam

Kamis, 22 September 2011 | 21:46 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.com - Lampu di landasan pacu atau "runway" Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Kalimantan Selatan sekitar pukul 18.30 Wita mendadak padam sehingga mengganggu operasional penerbangan di bandara itu.

Kondisi itu membuat otoritas bandara mengalihkan penerbangan ke bandara lain karena pesawat dari bandara lain tujuan bandara Syamsudin Noor tidak bisa mendarat.

"Lampu ’runway’ sebelah selatan mati sehingga pendaratan pesawat tujuan Banjarmasin dialihkan ke bandara lain," ujar Manajer Operasi Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Yayan Sudiana yang dihubungi Kamis (22/9/2011) pukul 20.00 Wita.

Ia mengatakan, gangguan teknis itu menyebabkan empat pesawat tujuan Banjarmasin yakni Lion Air dari Jakarta, Batavia dari Surabaya dan Citylink dari Surabaya dialihkan pendaratan ke Bandara Sepinggan Balikpapan.

Satu pesawat lagi yakni Sriwijaya yang berangkat dari Semarang diminta kembali ke bandara asal karena gangguan lampu runway masih belum teratasi hingga pukup 19.30 Wita.

"Pengalihan pendaratan pesawat ke bandara lain bertujuan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena kami tidak ingin mengambil resiko membahayakan penerbangan," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya masih menurunkan teknis untuk memperbaiki kerusakan lampu runway sebelah selatan yang panjangnya mencapai 2.500 meter, sedangkan lampu landasan pacu sebelah timur tetap menyala normal.

"Penyebab kerusakan lampu masih belum diketahui dan saya juga belum mendapat laporan dari teknisi yang bekerja di lapangan untuk memperbaiki kerusakan lampu tersebut," ujar dia.

Dijelaskan, lampu landasan pacu berfungsi sebagai rambu yang memudahkan pilot mendaratkan pesawat di landasan sehingga bila tidak berfungsi maka pesawat tidak bisa mendarat.

Lampu yang biasanya menempati posisi di sisi timur dan selatan sepanjang landasan pacu itu digunakan untuk pendaratan pesawat pada malam hari atau cuaca buruk.

Dilaporkan, hingga pukul 20.00 Wita perbaikan lampu runway itu masih berjalan dan lampunya sudah mulai menyala tetapi kondisinya masih belum normal.

"Lampunya sudah mulai menyala tapi belum normal. Namun, pesawat sudah bisa mendarat yakni Lion Air dan Garuda meski pun pendaratan harus dipandu petugas secara manual," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: