Rabu, 26 November 2014

/ Bisnis & Keuangan

BRI Tambah Direksi Baru

Rabu, 28 September 2011 | 12:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menambah anggota direksi seiring dengan perkembangan bank BUMN ini. Pengangkatan ini merupakan salah satu agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tahun 2011. "Dalam RUPSLB tersebut, pemegang saham BRI telah menyetujui untuk mengangkat Gatot Mardiwasisto sebagai Direktur BRI," ujar Sekretaris Perusahaan BRI, Muhamad Ali, di Jakarta, Rabu (28/9/2011).

Ali menyebutkan, dengan semakin berkembangnya bisnis dan infrastruktur BRI, maka manajemen perusahaan pun semakin kompleks. Dengan begitu, ia menuturkan, penambahan anggota direksi sebagai upaya untuk membagi tugas pengelolaan perusahaan sehingga semakin fokus dan efisien.

RUPSLB juga menerima dan menyetujui pengunduran diri Soedarjono selaku Wakil Komisaris Utama BRI. Pengunduran diri tersebut tidak mengurangi independensi Dewan Komisaris sebagai pengawas perseroan. Ini karena jumlah komisaris independen dalam Dewan Komisaris BRI mencapai 50 persen dari semua anggota dewan tersebut.

RUPSLB dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 83,297 persen dari saham yang dikeluarkan.

Komposisi Komisaris Independen tersebut memenuhi ketentuan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan yang mensyaratkan sebuah perusahaan terbuka mempunyai komisaris independen minimal 30 persen dan aturan Bank Indonesia yang mewajibkan suatu bank untuk memiliki komisaris independen minimal 50 persen dari total jumlah anggota dewan komisaris.

Staf Khusus Presiden Heru Lelono oleh pemegang saham didaulat menjadi salah satu komisaris. Selain itu, mantan Menteri Pemudah dan Olahraga Adhyaksa Dault dan pengamat ekonomi Aviliani juga masuk sebagai komisaris independen.

Dengan demikian, sejak ditutupnya RUPLSB, susunan Dewan Komisaris dan Direksi BRI adalah:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama/Komisaris Independen: Bunasor Sanim
Komisaris: Agus Suprijanto, Heru Lelono, dan Hermanto Siregar
Komisaris Independen: Aviliani dan Adhayaksa Dault

Direksi 
Direktur Utama: Sofyan Basyir
Direktur: Sarwono Sudarto, Achmad Baiquni, Sulaiman Arif Arianto, A Toni Soetirto, Lenny Sugihat, Asmawai Syam, Suprajarto, Djarot Kusumayakti, Randi Anto, Gatot Mardiwasisto. (Hasanuddin Aco/Tribunnews.com )

 


Editor : Erlangga Djumena