Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momentum Penguatan IHSG Terbatas

Kompas.com - 30/09/2011, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Secara teknikal, peluang kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan akhir pekan ini yang juga akhir triwulan ketiga tahun ini, Jumat (30/9/2011), masih cukup terbuka namun dengan momentum yang terbatas. "Kisaran pergerakan kami perkirakan akan berada di level 3.480 - 3.585," kata analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi, di Jakarta, pagi ini.

Data inflasi akan dirilis hari Senin tanggal 3 Oktober dan diproyeksi di angka 0.5 persen (month on month/MoM) dan 4.88 persen (year on year/YoY). "Kami melihat inflasi pada bulan September akan cukup rendah karena efek seasonal setelah Idul Fitri," imbuh Yanuar.

Pagi ini, sejumlah bursa di kawasan Asia bergerak menguat tipis disebabkan oleh data industrial output Jepang yang kurang begitu baik, penguatan mata uang Asia serta downgrade S&P terhadap New Zealand.

Di tingkat global, bursa AS ditutup menguat tajam pada diperdagangan hari Kamis dibantu oleh data ekonomi AS dan keputusan voting Jerman untuk melanjutkan bantuan dana bailout. Namun, volatilitas Dow Jones sangat tinggi dengan menguat hingga 260 poin kemudian melemah 45 poin untuk kemudian ditutup menguat 143,08 poin. Hal ini merefleksikan tingginya perbedaan pandangan pasar terhadap global outlook dalam 12 bulan ke depan.

Keputusan Jerman untuk memperbesar dana bailout, data initial jobless claim yang membukukan hasil terendah dalam 5 bulan terakhir serta kenaikan estimasi pertumbuhan ekonomi AS di triwulan kedua mendorong bursa AS menguat di sesi awal.

Secara umum bursa kawasan Eropa ditutup menguat dibantu oleh data ekonomi AS yang baik dan sentimen positif dari Jerman, namun terlihat adanya kekhawatiran terhadap outlook ekonomi China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com