Jumat, 1 Agustus 2014

/ Bisnis & Keuangan

Astra Operasikan Tol Kertosono-Mojokerto 2013

Rabu, 5 Oktober 2011 | 15:27 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) akan mengoperasikan ruas tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer pada 2013 setelah berhasil menguasai 95 persen saham PT Marga Hanurata Intrinsic. "Operasionalnya akan lebih cepat pada 2013-2014," kata Direktur Utama PT Astra International Tbk Prijono di sela acara Investor Summit di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Ia menambahkan bahwa saat ini perusahaan tengah melakukan konsolidasi guna mempercepat pembangunan PT Marga Hanurata Intrinsic (MHI) yang diakuisisi beberapa waktu lalu.

Pada awal September, anak usaha Astra International, PT Astratel Nusantara, menandatangani dokumen pengalihan atas 95 persen saham di MHI dari PT Natpac Graha Arthamas. Akuisisi ini mengharuskan Astratel membayar sekitar Rp 750 miliar kepada Natpac.

MHI adalah perusahaan yang telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

MHI akan melaksanakan pengusahaan jalan tol ruas Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 km, yang meliputi kegiatan pendanaan, perencanaan teknik, melaksanakan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan jalan tol.

Biaya proyek jalan tol ini secara keseluruhan diperkirakan mencapai Rp3,5 triliun, termasuk biaya pembebasan tanah dan konstruksi. MHI sekarang telah masuk dalam tahap proses pembebasan tanah dan melakukan pekerjaan konstruksi.

Dengan akuisisi MHI ini, Astratel memiliki tiga perusahaan pembangun ruas tol, termasuk PT Marga Mandalasakti (MMS) yang mengoperasikan jalan tol ruas Tangerang-Merak sepanjang 72,5 km dan PT Marga Trans Nusantara (MTN) yang akan membangun dan mengoperasikan jalan tol ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km bekerja sama dengan PT Jasa Marga Tbk.

 


Editor : Erlangga Djumena
Sumber: