Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chairul Tanjung: Lihat Hambatan Sebagai Peluang

Kompas.com - 10/10/2011, 17:53 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin dan pendiri Para Groups, Chairul Tanjung, menyebutkan hambatan bukanlah suatu yang menakutkan dalam suatu industri. Hambatan justru harus dilihat sisi positifnya.

Hal ini dikemukakannya sebagai jawaban atas sejumlah pertanyaan terkait dengan hambatan di industri media yang diajukan oleh peserta rapat kerja pimpinan Kompas Gramedia, di Hotel Santika, Jakarta, Senin (10/10/2011).

"Lihat hambatan itu adalah sesuatu opportunity for us," ujar Chairul. Kenapa demikian? Ia menyebutkan, jika semuanya jelas atau hambatan kecil, kompetisi pun akan semakin ketat seiring dengan banyaknya pemain yang masuk dalam suatu industri. "We will be coming with the near low margin," ucap dia sebagai dampak lanjutannya.

Jadi, ia berujar, lihat hambatan secara terbalik. Baginya, regulasi yang kacau atau faktor lainnya dengan kondisi yang sama merupakan suatu keuntungan. Karena, terang dia, sebagai pemain di suatu industri dengan banyak hambatan, bisa menetapkan harga yang sesuai marjin yang diinginkan. Sebab masih sedikit pemain yang masuk ke industri tersebut.

Walaupun demikian, selaku Ketua Komite Ekonomi Nasional, ia pun berusaha terus mendorong pemerintah untuk mengatasi sejumlah hambatan dalam industri nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com