Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosurya Securities: IHSG dan Rupiah Berpeluang Menguat

Kompas.com - 11/10/2011, 09:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan tetap melanjutkan penguatannya seiring dengan penguatan mayoritas bursa saham regional dan positifnya bursa global. Padahal sempat dikhawatirkan melemah merespon penurunan Wall Street di akhir pekan kemarin karena penurunan rating Italia, Spanyol, dan perbankan di Inggris.  

 

Meski di awal perdagangan sempat turun tipis namun, kabar baik dari Eropa dijadikan sentimen positif untuk menaikkan IHSG seiring dengan tercapainya kesepakatan Kanselir Jerman dan Presiden Perancis untuk merekapitalisasi perbankan di Eropa. Pertemuan dua pimpinan itu juga membuat penguatan Euro atas dollar AS.  

 

Penguatan juga terjadi pada rupiah. Berdasarkan kurs BI rupiah berada di level Rp 8.955 per dollar AS, menguat dari dari sebelumnya di Rp 8.968 per dollar AS.  

 

Pemimpin Jerman dan Perancis menyatakan adanya rencana khusus untuk mengamankan sektor perbankan dan paket penyelamatan Eurozone. Akan tetapi, rincian detil dari rencana tersebut diperkirakan baru akan diberikan pada akhir Oktober 2011. Kemungkinan juga Eropa akan mengumumkan seberapa besar pemangkasan nilai obligasi yang harus diterima perbankan di Eropa.  

 

Sebelumnya, nilai haircut bagi pemilik obligasi Yunani sebesar 21 perse, namun karena kecemasan meningkat diperkirakan bank-bank di Eropa yang memiliki eksposur pada obligasi Yunani akan kena haircut 40-60 persen. Sejauh ini, informasi haircut belum terlalu terbuka karena Merkel dan Sarkozy merencanakan adanya rekapitalisasi termasuk resolusi bagi penurunan nilai obligasi ke bank-bank di Eropa.  

 

Di sisi lain, terkait utang Yunani yang akan jatuh tempo pada 14 Oktober 2011 , dirasa telah terdiskon di pasar dimana kemungkinan Yunani tidak default pada tanggal tersebut. Selasa (11/10/2011) diperkirakan delegasi Troika akan mengumumkan skema baru penyelesaian krisis utang Yunani tapi bukan bailout untuk utang jatuh tempo 14 Oktober 2011.  

 

Riset Indosurya Securities memperkirakan hari ini IHSG berada pada support 3.399-3.425 dan resistance 3.465-3.478. IHSG masih di bawah middle bollinger bands. MACD mencoba

mengkonfirmasi pembentukan golden cross dengan histogram positif yang memanjang.  

 

Namun, penguatan yang terjadi kemarin belum sepenuhnya memperlihatkan buying power yang ada. Meski sentimen positif mulai beredar namun, investor masih ragu untuk mengakumulasi saham lebih banyak. IHSG masih memiliki ruang untuk kenaikan namun, tetap waspada akan adanya aksi ambil untung. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com