Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikutnya, Jalur Sepeda di KBT

Kompas.com - 24/10/2011, 15:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Komunitas bersepeda, khususnya di Jakarta, kembali mengingatkan realisasi pembangunan jalur sepeda di sepanjang Kanal Banjir Timur (KBT). "Setelah jalur di Taman Ayodya-Melawai, jalur berikutnya adalah di sepanjang Kanal Banjir Timur," kata Ketua Umum Bike to Work Indonesia Toto Sugito di Jakarta pada Senin (24/10/2011).

Menjadi salah satu pembicara dalam persiapan pergelaran Cycleindo 2011, Toto mengatakan dalam kesempatan itu, pihaknya memiliki catatan semakin meningkatnya pengguna sepeda di Ibu Kota. Komunitas kelolaannya, misalnya, tercatat memiliki 40.000 anggota yang tersebar di 165 kota di Tanah Air.

Menurut dia, bersepeda kian hari menjadi kebutuhan masyarakat. Pasalnya, dengan bersepeda tumbuh semangat penghematan energi. Lagi pula, bersepeda berguna bagi kesehatan.

Di Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berikut komunitas bersepeda membangun jalur sepeda. Jalur sepanjang 1,4 kilometer membentang dari Taman Ayodya hingga ke Plaza Melawai. Gubernur DKI Fauzi Bowo meresmikan jalur pada Minggu, 22 Mei 2011.

Sejatinya, sampai kini, komunitas bersepada mengharapkan Pemprov memperpanjang jalur sepeda, mulai dari Plaza Melawai sampai dengan Jalan Pangeran Antasari. Tampaknya, rencana itu tertunda sementara lantaran di sepanjang Jalan Pangeran Antasari masih berlangsung pembangunan jalan layang bukan tol yang berpangkal mulai dari Blok M.

Lebih lanjut, Toto menambahkan, ke depan, pihaknya juga berharap agar sepeda menjadi salah satu bagian dari pemadu moda transportasi yang terintegrasi dengan jalur transjakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com