Sabtu, 1 November 2014

/ Bisnis & Keuangan

Sepeda

Bukan Cuma Mendompleng Pameran Besar

Senin, 24 Oktober 2011 | 18:35 WIB

KOMPAS.com - Boleh jadi, di Tanah Air, sepeda masih berada di koridor anak tiri, kalau orang mengaitkannya dalam sebuah pameran. Pasalnya, sebagaimana General Manager Titan Convex Ressy T Salim mengatakan selama ini pameran sepeda berikut aksesorisnya hanya menjadi bagian dari sebuah pameran besar semacam pameran makanan maupun penghijauan. "Sepeda belum punya pameran khusus seperti pameran komputer maupun pameran mobil," imbuh Project Leader Pameran Cycleindo 2011 Ade Gappa dalam kesempatan persiapan pergelaran Cycleindo 2011.

Berangkat dari situlah, kata Ade, pihaknya mengadakan pameran yang menargetkan 10.000 pengunjung tersebut. Menurut rencana, Cycleindo 2011 akan berlangsung pada 4-6 November 2011 di Balai Kartini, Kartika Expo Center, Jakarta.

Rencananya, pada 2012, pameran akan berlangsung di lima kota besar Indonesia yakni Jakarta, Makassar, Surabaya, Medan, dan Denpasar. "Ke depan, kami berharap pameran ini akan menjadi agenda tetap," tutur Ade.  

Menurut Ketua Umum Bike to Work Indonesia Toto Sugito yang juga menjadi pembicara dalam kesempatan itu, sepeda kian hari kian menjadi kebutuhan. Selain menghemat biaya, terangnya, bersepeda juga menyumbang penghematan energi. Sekaligus, memberi manfaat bagi kesehatan badan dan jiwa.

Toto memaparkan, komunitas kelolaannya tercatat memiliki 40.000 anggota yang tersebar di 165 kota di Indonesia. "Baru sampai Manokwari memang, belum seperti dari Sabang sampai Merauke," katanya sedikit berseloroh.

Kemudian, catatan menunjukkan, setahun silam, 5 juta sepeda terjual di Indonesia. Hal ini, terang Ressy, menunjukkan kalau Indonesia adalah pasar potensial bagi manufaktur sepeda di dunia. "Indonesia dalah growing market sepeda tercepat ketiga di dunia," lanjut Ressy.

Sementara, masih menurut Ressy, pihaknya menggandeng 35 merek dalam pameran tersebut. Tiga di antaranya adalah merek lokal yakni Polygon, Wim Cycle, dan United.

Selain komunitas Bike to Work, penyelenggara juga menyertakan komunitas bersepeda seperti JPG Mountain Bike, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), Indonesia Biking Adventure (IBA), Asosiasi BMX Indonesia, ID Fixed, ID Folding, 1PDN berikut laman komunitas sepeda terbesar di Indonesia, Sepedaku.com.

Selama pameran berlangsung, terang Ade, akan ada acara antara lain bicycle demo and trial, bicycle builder clinic, rally bike, dan bicycle icon award.   

Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus