Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERBANKAN

Rabobank Garap Sulawesi Selatan

Kompas.com - 31/10/2011, 18:31 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Bank Rabobank International Indonesia fokus menggarap pusat perdagangan dan industri di kawasan timur Indonesia. Cepatnya pembangunan infrastruktur di Makassar dan Sulawesi Selatan, memiliki potensi bagi para pengusaha atau saudagar untuk terus tumbuh dan menjadi semakin kuat mengembangkan bisnisnya.

 

Fokus Rabo Bank ini ditandai dengan pembukaan kantor cabang Rabobank Indonesia, Senin (31/10/2011) di Makassar yang berlokasi di Jalan  Sulawesi No 2A, Makassar. Peresmian ini dihadiri Presiden Direktur Rabobank Indonesia, Henk Mulder, dan Pemimpin Bank Indonesia Makassar, Lambok A Siahaan.

 

Henk Mulder mengatakan, Rabobank Cabang Makassar (Rabobank Makassar) hadir untuk memberikan layanan perbankan yang dapat mendukung bisnis nasabahnya. Rabobank mendukung lahirnya bisnis-bisnis baru di Makassar dan Sulawesi Selatan, yang memiliki potensi tumbuh dan menjadi semakin kuat sebagai pusat perdagangan dan industri di Indonesia Timur.

 

"Makassar dan Sulawesi Selatan memiliki masyarakat dengan kemampuan wirausaha yang tinggi, sehingga mampu menjadikannya sebagai salah satu daerah termaju di Indonesia. Rabobank Indonesia ingin berperan serta dalam pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan pada tahun-tahun mendatang, dengan menjadi mitra bagi para pengusaha atau saudagar", ujar Henk Mulder.

 

Pemimpin Bank Indonesia Makassar, Lambok A Siahaan, mengatakan, penyaluran kredit sektor pertanian triwulan III-2011 di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai Rp 782,15 juta, dan merupakan 1,46 persen dari keseluruhan penyaluran kredit yang dilakukan oleh perbankan Sulawesi Selatan.

Hingga triwulan III-2011 aset perbankan tumbuh sebesar 23,55 persen, sementara itu penyaluran kredit perbankan tumbuh mencapai 29,86 persen. Saat ini telah ada 40 bank umum di Makassar, dengan total kantor mencapai 803 kantor.

 

Saat ini PDRB Makassar telah mencapai lebih dari Rp. 31 triliun di mana sektor perdagangan, restoran , hotel, industri pengolahan dan jasa memberikan kontribusi total sebesar 65,3 persen. Besarnya kontribusi PDRB dari sektor-sektor ini menunjukkan besarnya peran pelaku usaha kecil, menengah, dan besar dalam perekonomian Makassar.

 

Menurut Lambok A Siahaan, di tengah krisis Eropa perbankan di Sulsel tetap melakukan ekspansi. Saat ini ada sekitar 40 bank umum dengan aset di atas Rp 60 triliun, dan perputaran kredit sebesar Rp 53 triliun. Dunia pertanian menyumbang cukup besar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com