Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Ambil Untung, IHSG Melorot

Kompas.com - 03/11/2011, 10:05 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan dibuka turun 31,863 poin atau 0,85 persen ke level 3.731,171, Kamis (03/11/2011). Investor memilih mengambil keuntungan dari kenaikan kemarin dan searah dengan sejumlah bursa regional pagi ini.

Indeks LQ45 dibuka melemah 7,920 poin (1,18 persen) ke level 663,170. Bursa regional terpantau bercampur dengan kecenderungan melemah.

Indeks Komposit Shanghai menguat 0,65 persen, namun Indeks Hang Seng ambles 2,24 persen. Penurunan juga menimpa Indeks Straits Times sekitar 1,39 persen. Investor seakan cuek dengan berita positif penguatan bursa AS semalam.

Penguatan indeks terimbas komentar The Fed yang akan berinvestasi kembali pada mortgage backed securities untuk membantu pasar perumahan. The Fed juga menahan tingkat suku bunga dan bersiap untuk melakukan hal-hal yang diperlukan untuk membantu perekonomian, walaupun disaat yang sama the Fed memangkas proyeksi pertumbuhan tahun 2011 menjadi 1,6-1,7 persen. Saham-saham dari sektor energi dan utilitas memimpin kenaikan indeks.  

Menurut riset Semesta Indovest, IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak mixed dan konsolidasi jelang pertemuan G-20 yang akan membahas masalah Yunani yang kembali bermasalah. Namun, saham-sham bluechip berpotensi untuk kembali menguat dalam range yang terbatas akibat masih kuatnya minat beli investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com