Inilah Empat Perumahan Peraih Gelar Properti Hijau - Kompas.com

Inilah Empat Perumahan Peraih Gelar Properti Hijau

Kompas.com - 11/11/2011, 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat perumahan di Bodetabek dan Bandung yang dikembangkan empat pengembang berbeda meraih penghargaan properti hijau. Penghargaan Green Property Awards (GPA) 2011 ini diberikan kepada perumahan yang pengembangannya menerapkan kaidah-kaidah ramah lingkungan.

Keempat perumahan itu adalah Emerald Residence yang dikembangkan di Bintaro Jaya oleh PT Jaya Real Property, perumahan Jade Residence di Summarecon Serpong yang dikembangan oleh PT Summarecon Agung Tbk, Koridor Bandoeng Tempo Doeloe di Kota Baru Parahyangan yang dikembangkan oleh PT Belaputera Intiland, serta Pavilion Kost di Kota Jababeka yang dikembangkan PT Kawasan Industri Jababeka.

Keempat perumahan tersebut unggul dengan kriteria berbeda. Bintaro Jaya di Tangerang Selatan kuat dalam aspek transportasi dan partisipasi warga. Sumareccon Serpong di Tangerang, Banten, kuat karena pengelolaan sampah dan air. Sementara, Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat, Jawa Barat, unggul dalam aspek bangunan hijau, sementara Kota Jababeka di Bekasi, Jawa Barat, dalam penyediaan infrastruktur.

Penghargaan oleh Majalah Housing Estate ini diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya dan diberikan kepada sejumlah perumahan yang mengembangkan kawasan permukimannya berdasarkan kaidah-kaidah hijau.

"Dari empat pemenang ini memang tidak ada yang sempurna dengan menerapkan 8 kriteria hijau. Karena di tiap perumahan memiliki permasalahan yang berbeda-beda," kata Nirwono Joga, pengamat properti hijau sekaligus Ketua Tim Juri Green Property Awards 2011, di Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Namun, menurut Nirwono, langkah para pengembang mengembangkan kawasannya dengan menerapkan kaidah properti hijau patut diapresiasi.

"Kalau langkah seperti ini didukung, terutama oleh pemerintah, maka semangat properti hijau akan menyebar ke daerah-daerah lain," ujarnya.


EditorLatief

Close Ads X