Rabu, 1 Oktober 2014

/ Bisnis & Keuangan

Bisnis Penerbangan

Penerbangan Internasional AirAsia dari Terminal 3 Soekarno-Hatta

Selasa, 15 November 2011 | 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai Indonesia AirAsia segera memindahkan operasional penerbangan internasionalnya dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Dengan dipusatkannya operasional di Terminal 3, maka keberangkatan dan kedatangan penerbangan domestik dan internasional dari maupun menuju Jakarta nantinya ada di bawah satu atap. Dengan demikian, proses transit menjadi lebih mudah. Penumpang tidak harus berpindah dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

"Secara resmi, pada hari Kamis (17/11/2011), kami akan pindah ke Terminal 3," kata Manajer Komunikasi Indonesia AirAsia, Audrey Progastama, Selasa (15/11/2011), kepada Kompas.

Audrey mengatakan, dibutuhkan pendekatan yang cukup lama kepada Angkasa Pura II (Persero) dan pemerintah supaya hal itu dapat diwujudkan. "Kami berterima kasih atas dukungan banyak pihak," kata dia.

Kini, Indonesia AirAsia melayani 26 rute dengan 52 penerbangan yang terkoneksi melalui lima bandara hub (penghubung), yakni Cengkareng, Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Medan.

Dalam kurun waktu lebih dari 6 tahun, AirAsia Indonesia telah menerbangkan sebanyak lebih dari 15 juta penumpang. Saat ini Indonesia AirAsia mengoperasikan 16 pesawat Airbus A320 dan 4 unit Boeing 737-300.

Konsep serupa, di mana penerbangan internasional dan domestik dalam satu terminal, telah terjadi di Kuala Lumpur Low Cost Carrier Terminal (KL-LCCT) , yang berlokasi di areal Bandara Kuala Lumpur Internasional Airport. Hal itu telah meningkatkan utilitas pesawat AirAsia dan memudahkan pergerakan penumpang.

Dengan demikian, dari KL-LCCT, AirAsia dan anak perusahaannya AirAsia X melayani penerbangan rute jarak jauh afiliasi ke destinasi-destinasi di China, Australia, Taiwan, Iran, India, Korea, Inggris, Jepang, Perancis, dan Selandia Baru.


Penulis: Haryo Damardono
Editor : Robert Adhi Ksp