Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Gencar Tambah Rute Penerbangan

Kompas.com - 21/11/2011, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan semakin gencar menambah rute baru. Sebut saja Maskapai Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia ini tahun depan sudah ancang-ancang akan menambah rute penerbangan domestik.

Elisa Lumbantoruan, Direktur Keuangan, PT Garuda Indonesia sekaligus VP Citilink, mengatakan, Citilink akan menambah tiga rute baru pada 2012. “kita akan terbang ke Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Palembang dan Jakarta-Pekanbaru sebanyak tiga kali dalam sehari,” ujar Elisa.

Selain menambah rute baru Citilink juga akan menambah frekuensi dari penerbangan. Hingga September, sudah ada sekitar 1,2 juta penumpang yang menggunakan jasa Citilink. “Target kita akhir tahun sudah bisa mencapai 2 juta penumpang,” kata Elisa.

Sementara di tahun 2012 pihaknya akan menargetkan penumpang dua kali lipat. “Tahun depan kita akan menargetkan sekitar 4 juta penumpang dan akan tercapai karena akan ada tambahan 10 Airbus A320 sebagai armada baru,” lanjut Elisa.

Indonesia Air Asia sendiri juga akan berniat menambah rute baru. Menurut Audrey Petriny, Corporate Communication Manager Indonesia Air Asia, pada tahun 2012 Air Asia akan ada penambahan rute, baik itu domestik dan Internasional. “mengenai rute mana saja yang akan dilayani, belum bisa kami beberkan sekarang,” kata Audrey.

Penambahan rute terbang Air Asia akan dilakukan secara bertahap mulai dari Februari 2012. “Apalagi tahun depan kita akan menambah lima unit Airbus 320 untuk mendukung armada Indonesia Air Asia,” kata Audrey.

Selain itu kepindahan Air Asia di Terminal 3 juga akan menambah keuntungan bagi pihaknya apabila akan menambah rute penerbangan. “penumpang akan dimudahkan apabila akan berganti pesawat,” lanjut Audrey. Saat ini, Indonesia Air Asia memiliki lima rute domestik, yakni Jakarta-Denpasar, Medan-Surabaya, Bandung-medan, Bandung-Denpasar dan Jakarta-Yogyakarta. (Monika Novena/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com