Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Makanan dari Malaysia Naik Empat Kali Lipat

Kompas.com - 27/11/2011, 16:15 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sekretaris Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia Frangky Sibarani mengemukakan, lonjakan impor juga terjadi pada produk makanan dan minuman. Sampai dengan Oktober, impor makanan dan minuman tercatat 197,5 juta dolar AS. Sekitar 24,7 persen berasal dari Malaysia.

"Dibandingkan periode Januari-April, impor dari Malaysia periode Januari-Oktober naik 400 persen," kata Frangky, Minggu (27/11/2011) di Jakarta.

Volume makanan impor dari negara-negara ASEAN juga mengalami kenaikan. Dibandingkan periode Januari-April, impor dari ASEAN periode Januari-Oktober naik tiga kali lipat dari 31,37 juta dolar AS menjadi 96,5 juta dolar AS. Kenaikan ini akan terus meningkat menjelang berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Menurut Frangky, lemahnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya saing dan perlindungan pasar dalam negeri mengakibatkan pasar makanan dan minuman semakin dinikmati produk asing.

"Pertumbuhan ekonomi dan daya tarik investasi hanya membuat pamerintah terbuai, tanpa serius mendukung kenaikan daya saing sektor ini," ungkap Frangky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com