Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petambak Dipasena Harapkan Listrik Segera Masuk

Kompas.com - 30/11/2011, 17:52 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Petambak plasma PT Aruna Wijaya Sakti berharap aliran listrik dari PLN segera bisa mengalir hingga ke tambak dan rumah mereka, bukan sekedar sampai di gerbang PT AWS seperti sekarang ini. Tanpa listrik dari PLN, petambak sulit memulai budidaya udang.

Erwo Sadi, pengurus dari Biro Ekonomi Perhimpunan Petambak Plasma Udang Windu (P3UW) dalam siaran persnya, Rabu (30/11/2011), mengungkapkan, masuknya aliran listrik dari PLN akan sangat membantu ekonomi masyarakat di Bumi Dipasena. Sebab, selama ini, penerangan yang digunakan di areal tambak diperoleh secara swadaya menggunakan genset bantuan dari pemerintah.

Pola penerangan ini membutuhkan biaya besar karena berbahan bakar solar. "Belum lagi jika ada keterlambatan pasokan solar. Biayanya bisa tiba-tiba melonjak," tuturnya.

Untuk itu ia berharap, PLN berupaya sekuat tenaga untuk mengalirkan listrik hingga masuk ke dalam tambak. "Kalau memang besarnya tegangan dan mekanisme pembayaran yang menjadi masalah, kami berharap PLN tetap melanjutkan pemasangan instalasi hingga ke perkampungan petambak sambil menunggu solusi untuk menaikkan tegangan," ujar dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com