Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RJ Lino: Kuncinya di SDM!

Kompas.com - 02/12/2011, 09:51 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Pelindo II (Persero) Tbk, Richard Joost Lino mengaku sumber daya manusia merupakan kunci penting kesuksesan kinerja perusahaan. Oleh sebab itu, ia terus akan mengembangkan SDM di perusahaan BUMN yang dipimpinnya sekarang ini. "Ah gitu aja, ya begitu," ungkap Richard kepada Kompas.com usai meraih gelar sebagai CEO BUMN inovatif terbaik pada Malam Anugerah BUMN 2011, yang diselenggarakan di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (1/12/2011) malam.

Lebih detail, Richard pun mengungkapkan bahwa ia cenderung fokus kepada pengembangan SDM mengingat ada sejumlah proyek besar yang sedang dikerjakannya sekarang ini. Sebut saja, proyek pembangunan Terminal Peti Kemas di Kalibaru, Jakarta. Proyek yang membutuhkan dana Rp 11,70 triliun hanya untuk fase pertama dimulai tahun ini. Harapannya, proyek ini akan selesai tahun 2015.

Ia pun menyebutkan pembangunan pelabuhan di Sorong sebagai proyek besar lainnya. Rencananya, pembangunan akan dimulai tahun depan dengan nilai investasi sebesar Rp 1 triliun. Pelabuhan itu akan dibangun di atas lahan milik Pelindo sendiri. Bahkan, sebelumnya, ia menekankan pembangunan pelabuhan itu tidak menggunakan uang APBN.

Proyek besar selanjutnya yakni pembangunan pelabuhan di Batam. "Saya kan mau punya beberapa pekerjaan besar ya. Bikin Kalibaru, bikin di Sorong, bikin di Batam. (Tapi) saya punya project human resources yang nggak kalah besarnya dari itu," terang Richard.

Proyek SDM yang dilakukannya adalah mengirimkan pegawainya untuk melanjutkan studi di jenjang master (S2) ke luar negeri. Dalam setengah tahun ini, ia yang telah menjabat sebagai Presiden Direktur sejak tahun 2009 telah mengirim 62 orang pegawai Pelindo II untuk program Master di luar negeri. "Saya kirim ke seluruh dunia," tegas dia.

"Saya itu punya target 3 tahun lagi itu 200 orang yang saya kirim. Jadi, nggak pernah negara ini sebanyak itu kirim selain Pelindo II," ucap Richard.

Jumlah itu akan dipakai dia untuk menjalankan terminal kontainer dalam tiga tahun mendatang. Dengan begitu, menurut dia, SDM merupakan kunci keberhasilannya. Dan, ia menuturkan, suplai SDM untuk pekerjaan di bidang logistik masih sangat kurang. Ini menjadi alasan lain dibalik pengiriman karyawannya ke luar negeri. "Oh tahun depan kita (PT Pelindo II) lebih baik lagi pasti," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com