Tahun Depan KFC Bakal Tambah 30 Gerai - Kompas.com

Tahun Depan KFC Bakal Tambah 30 Gerai

Ester Meryana
Kompas.com - 06/12/2011, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fastfood Indonesia Tbk, sebagai pemilik waralaba tunggal Kentucky Fried Chicken (KFC), akan melakukan ekspansi usaha melalui penambahan 20-30 gerai tahun 2012 . Jumlah tersebut bisa bertambah sesuai dengan potensi bisnis di suatu wilayah.

"Pembukaan gerai sekitar 20-30 store, (di mana) satu store rata-rata biayanya Rp 6-7 miliar," terang General Manager Business Development PT Fastfood Indonesia, Gandhy Lie, usai menghadiri acara penandatanganan kerjasama pembayaran melalui kartu kredit dan debit dalam layanan KFC pesan antar dengan Bank Mandiri, di gerai KFC Kemang, Jakarta, Selasa ( 6/12/2011 ). Dengan target penambahan tersebut, kata dia, maka gerai KFC diperkirakan mencapai sekitar 460 gerai di seluruh Indonesia pada tahun depan.

Menurut dia, pembukaan jumlah gerai itu bisa saja melebihi target. Karena pembukaan gerai itu melihat potensi bisnis di suatu tempat, termasuk di daerah. Gerai KFC sendiri telah menjajaki seluruh Indonesia, salah satunya di Manokwari, Papua. "(Penambahan gerai) konstan seperti itu, kalau bisa lebih, ya lebih. Kita lebih melihat laju potensi bisnis (di suatu tempat ketika membuka gerai)," terang Gandhy. Di mana penambahan gerai tahun ini juga berkisar 25-30 buah.

Selain ekspansi gerai, dia menuturkan, KFC juga akan terus mengembangkan pemasarannya seperti melalui penjualan album CD (compact disc) sejumlah penyanyi. Ia menilai, cara pemasaran itu terbilang sukses, di mana kesadaran akan merek KFC bisa terbentuk dan melekat lama di benak konsumen. Dalam satu bulan, sebanyak 600-700 keping CD bisa terjual.

Tahun ini, terang dia, KFC diperkirakan bisa menghasilkan penjualan hingga Rp 3,3 triliun. Sementara tahun depan, penjualan diharapkan naik menjadi Rp 3,7 triliun. "Kalau menurut saya harus optimis," tanggap Gandhy terhadap persaingan di industri sejenis di Indonesia.

PenulisEster Meryana
EditorErlangga Djumena
Close Ads X