Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Calon Penumpang Kapal Telantar

Kompas.com - 08/12/2011, 22:03 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan penumpang masih telantar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, setelah kapal perintis KM Maloli , batal berangkat akibat kelebihan penumpang, Rabu (7/12/2011) malam.

Hingga Kamis (8/12/2011) siang , bongkar muat masih berlangsung di kapal yang bertujuan ke pulau-pulau di tenggara Maluku itu .  

Sejumlah calon penumpang mengaku belum tahu pasti kapan kapal itu berangkat. Namun Kepala Administratur Pelabuhan (Adpel) Kelas I Ambon, Mulyono, yang ditemui di pelabuhan, menjanjikan kapal itu akan berangkat hari ini.

Begitu pula dua kapal perintis lainnya, KM Alken Permata dan KM Cantika 88, yang digunakan untuk mengangkut sebagian penumpang KM Maloli.

Atas kejadian KM Maloli yang sampai kelebihan penumpang, Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Maluku, Abraham Nanlohy, mengatakan, pihaknya belum membuat persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru, karena masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Namun itu bukan satu-satunya masalah. Masalah utama adalah terbatasnya kapal.   

Maluku memiliki sembilan kapal perintis, yang masing-masing memiliki rute sendiri. "Jika satu atau dua kapal ini dialihkan untuk mengangkut penumpang setiap menjelang Natal ataupun Lebaran, masyarakat yang biasa dilayani oleh kapal perintis itu akan dirugikan," kata Nanlohy.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com