Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Ekonomi Bisa Tumbuh 6,7 Persen

Kompas.com - 12/12/2011, 14:27 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyebutkan, target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7 persen pada APBN 2012 bisa tercapai.

"Kita memang secara budget punya (target sebesar) 6,7 persen, tetapi development yang terakhir ini buat kita kasih range (ekonomi tumbuh) 6,5-6,7 persen," ujar Agus di sela-sela acara Kompas100 CEO Forum di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (12/12/2011 ).

Akan tetapi, lanjut dia, target 6,7 persen bisa dicapai jika pemerintah bisa memperbaiki infrastruktur dan penunjangnya, antara lain penyelesaian UU Pembebasan Lahan. "Itu kita optimis mencapai angka yang di budget 6,7 persen," ujarnya.

Pengesahan UU Pembebasan Lahan ini juga berdampak pada penyerapan anggaran oleh pemerintah dan lembaga. Menurut Agus, persetujuan dari sejumlah lembaga yang berkepentingan, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, juga menjadi faktor lainnya dari rendahnya penyerapan anggaran.

"Saya belum bisa kasih informasi terakhir (mengenai angka penerimaan dan penyerapan anggaran) karena terus berkembang. Tetapi, kalau dari total pengeluaran dan penerimaan, bisa dikatakan sampai dengan akhir November itu penerimaannya kita lebih besar dari tahun lalu, dan juga pengeluaran lebih baik dari tahun lalu," kata Agus. Angka persisnya, lanjut dia, akan diumumkan jika anggaran telah terkonsolidasi.

Mengenai RUU Pembebasan Lahan ini, jika tidak ada halangan, rancangan ini akan disahkan menjadi UU pada rapat paripurna yang akan berlangsung pada Kamis (15/12/2011 ).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com