Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Dibuka Melemah Terseret Regional

Kompas.com - 14/12/2011, 09:49 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelemahan bursa regional kembali berimbas ke pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan, Rabu (14/12/2011). IHSG dibuka melemah 12,004 poin atau 0,32 persen ke level 3.751,575. Indeks LQ 45 turun 3,021 poin atau sekitar 0,45 persen ke level 659,323.  

 

Bursa global melemah semalam. Di Amerika Serikat, pelaku pasar merespon negatif hasil pertemuan Bank Sentral AS, yang memutuskan untuk mempertahankan kebijakan suku bunga rendahnya. Keputusan ini diambil, karena gejolak di Eropa dapat mengancam pertumbuhan ekonomi negeri itu.  

 

Kebijakan moneter lebih longgar, mungkin diaplikasikan tahun depan. Namun tidak ada indikasi akan adanya stimulus baru, untuk mencegah pelambatan ekonomi negeri Paman Sam itu.  

 

Bursa regional pun kebanyakan melemah. Indeks Nikkei 225 turun 0,39 persen. Indeks Hang Seng turun tipis 0,10 persen, Indeks Strait Times menipis 0,18 persen. Hanya Indeks Shanghai yang naik tipis 0,20 persen.

IHSG hari ini diperkiraka n bergerak melandai, dengan kecenderungan mengikuti arah pergerakan bursa regional dan pembukaan pasar Eropa.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com