Rabu, 3 September 2014

/ Bisnis & Keuangan

Zona Euro Setujui Tambahan "Bail Out" 150 Miliar Euro

Selasa, 20 Desember 2011 | 04:34 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com — Pemerintah 17 negara zona euro, Senin (19/12/2011), setuju untuk menambahkan dana talangan atau bail out sebesar 150 miliar euro atau setara 195 miliar dollar AS kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Seperti dilaporkan AFP, negara-negara Uni Eropa masih berupaya mencapai target sebesar 200 miliar euro yang telah ditetapkan para pemimpin Uni Eropa pada pertemuan puncak 9 Desember 2011 lalu. Semua negara Uni Eropa secara implisit akan berpartisipasi untuk mengakhiri krisis dengan melaksanakan target yang telah dirancang.

Hanya Inggris yang menolak untuk turut berpartisipasi memberikan dana bantuan tersebut. Dalam konferensi jarak jauh yang berlangsung 3,5 jam, Menteri Keuangan Inggris George Osborne menyatakan bahwa Otoritas Keuangan Inggris tidak akan memberikan kontribusi apa-apa untuk bantuan yang hanya bisa dipakai negara-negara di zona euro.

Sumber Pemerintah Inggris menambahkan, "Juga kita tidak akan berpartisipasi dalam peningkatan sumber daya IMF yang hanya berasal dari negara-negara Uni Eropa tanpa partisipasi negara-negara G-20 lainnya di luar Uni Eropa."


Editor : Tri Wahono
Sumber: