Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Punk Unjuk Rasa di KJRI San Francisco

Kompas.com - 20/12/2011, 13:01 WIB
Sri Fitrisia Martisasi

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Terpicu oleh berita penanganan anak-anak muda punk yang ditangkap dan digunduli oleh polisi syari'ah di Banda Aceh, 10 Desember lalu, sekelompok pemuda punk berunjuk rasa di depan kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco, Amerika Serikat, Senin (19/12/2011) petang waktu setempat atau Selasa (20/12/2011) pagi WIB. Aksi solidaritas berlangsung damai selama hampir dua jam.

Menurut Konsul Jenderal RI di San Francisco Asianto Sinambela, sekitar 18 *punkers*—julukan untuk kelompok punk itu—petang itu berjalan mondar-mandir di luar halaman KJRI dengan membawa sejumlah poster kecil yang berisi kecaman terhadap tindakan aparat keamanan terhadap 65 *punkers*di Banda Aceh. Para punkers datang dengan dandanan khas mereka seperti rambut model mohawk dan pakaian hitam penuh dengan kancing semacam paku.

"Aksi mereka damai. Tidak meneriakkan yel sama sekali dan tidak merusak. Mereka juga tidak menuntut untuk bertemu dengan staf atau pejabat KJRI. Mereka hanya mengungkapkan solidaritas dan keprihatinan saja," kata Asianto, Selasa  dari San Francisco, AS, seperti dilaporkan wartawati Kompas Sri Fitrisia M.

Aksi unjuk rasa yang berawal menjelang pukul 17.00 berakhir pada pukul 19.00, bahkan sebelum polisi setempat datang. 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com