Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Melemah, Harga Kakao Menguat

Kompas.com - 22/12/2011, 15:16 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada perdagangan di NYMEX, harga kakao berjangka mengalami kenaikan yang signifikan. Harga kakao berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret 2012 mengalami peningkatan sebesar 59 dolar dan ditutup pada posisi 2. 244 dolar per ton.

Harga komoditas ini mengalami kenaikan melemahnya dolar yang mengalami penurunan terhadap rival-rival utamanya. Lemahnya dolar AS mengakibatkan harga komoditas yang diperdagangkan dengan menggunakan mata uang ini menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Kondisi ini menjadikan minat terhadap komoditas meningkat sehingga harganya mengalami kenaikan.

Di dalam negeri, harga kakao mengalami penurunan. Harga kakao kering sela ma Desember 2011 telah dua kali mengalami penurunan dari harga Rp 14.000 turun menjadi Rp 10.000 per kilogram dan turun lagi menjadi Rp 9.000 per kilogram.

Selama musim hujan, transaksi kakao kering kurang karena petani kesulitan untuk menjemurkan biji kakao, sehingga produksi kakao mengalami penurunan yang cukup drastis.

Transaksi kakao kering dari petani hanya 25 kilogram jika dibandingkan bulan sebelumnya mencapai 150 kilogram per minggu. Petani enggan menjual Kakaonya karena harga Kakao mengalami penurunan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com