Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Transaksi BEI Makin Mirip Dow Jones

Kompas.com - 30/12/2011, 16:06 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pola transaksi dalam perdagangan bursa efek di Bursa Efek Indonesia (BEI) semakin mengikuti pola pergerakan bursa asing, terutama Dow Jones. Selain itu, selama setahun terakhir, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) dipengaruhi oleh aktivitas perantara atau broker yang itu-itu saja.

"Jika dilihat dari sisi brokernya, maka broker yang berpengaruh menaikkan dan menurunkan saham adalah broker-broker sekuritas asing yang juga berpusat di Wall Street. Jadi, pola harga saham dengan saham yang sama oleh broker yang sama, pada saat naik dan turun," tutur pengamat pasar modal Yanuar Rizky, Jumat (30/12/2011).

Menurut Yanuar, dominasi asing yang mengatur harga ini cukup riskan, meski juga terlihat likuiditas naik. Namun, kondisi itu menjadikan psikologis pasar Indonesia terlalu lekat dengan psikologis terapi jangka pendek yang dilakukan bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, dalam mengatasi masalah-masalah di AS.

"Dengan kendali ada di kelompok yang, suka atau tidak, adalah bagian dari masalah (episentrum krisis finansial), maka Indonesia akan tergantung pada faktor eksternal," kata Yanuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com