Minggu, 31 Agustus 2014

/ Bisnis & Keuangan

Otomotif

Bajaj Luncurkan Mobil Ultrahemat

Rabu, 4 Januari 2012 | 11:35 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com Perusahaan produsen sepeda motor dan kendaraan roda tiga Bajaj dari India untuk pertama kali terjun ke industri mobil, Selasa (3/1/2012), dengan meluncurkan mobil ultrahemat RE60 di New Delhi.

"Di Bajaj Auto, kami percaya warga planet ini berhak mendapatkan (kendaraan) yang jauh lebih cepat dan lebih baik," ujar Rajiv Bajaj, Direktur Pelaksana Bajaj Auto, saat meluncurkan mobil yang akan menjadi pesaing pendahulunya, Tata Nano.

Mobil yang mampu mengangkut empat penumpang itu menggunakan mesin berkapasitas 200 cc dan mampu mencapai kecepatan maksimum 70 kilometer per jam. Bajaj membanggakan mobil pertamanya ini sebagai mobil yang dirancang khusus untuk kehidupan urban yang sering macet, dengan kelebihan hemat BBM dan emisi gas rumah kaca rendah.

Bajaj RE-60 diklaim bisa berjalan hingga 35 kilometer hanya dengan mengonsumsi 1 liter bensin dan mengeluarkan emisi karbon dioksida 60 gram per kilometer. Emisi tersebut diklaim Bajaj hanya setengah dari emisi mobil mungil pesaingnya.

Namun, pihak Bajaj belum menyebutkan berapa harga mobil yang beratnya hanya 400 kilogram ini. Pesaingnya, Tata Nano yang diluncurkan tahun 2009, dijual dengan harga 140.880 rupee (sekitar Rp 24 juta) untuk model standar polos.

Sebelumnya, Bajaj membatalkan kerja sama dengan produsen mobil Perancis, Renault, dan mitranya dari Jepang, Nissan, untuk mengembangkan mobil berbiaya rendah.


Penulis: Dahono Fitrianto
Editor : Marcus Suprihadi
Sumber: