Minggu, 26 Oktober 2014

/ Bisnis & Keuangan

Alat Konversi BBM ke BBG Rp 14 Juta

Selasa, 10 Januari 2012 | 09:21 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah pada bulan April mendatang, akan melakukan konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG). Hal itu dipilih pemerintah guna membatasi subsidi BBM.

Untuk melakukan konversi BBM ke BBG dibutuhkan alat bernama converter kit. Untuk satu converter kit, pemilik kendaraan roda empat, harus mengeluarkan dana sebesar Rp 14 juta agar mobilnya dapat melaju menggunakan gas.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, harga sebuah converter kit berkisar antara Rp 11 juta-Rp 14 juta. Jero Wacik menjelaskan, alasan harga satu converter kit bisa mahal karena kegunaannya bisa sampai jangka panjang. "Barangnya sepertinya mahal. Tapi akan menghemat jangka panjang," ungkap Jero Wacik ketika ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (9/1/2012).

Untuk kendaraan umum, converter kit akan dibagikan secara gratis. Namun untuk yang dijual sendiri hanya dibatasi sebanyak 250.000, sebanyak kendaraan yang dibatasi subsidi BBMnya.

"Kalau persediaan belum semua, (karenanya) bertahap. (Saat ini) sedang dihitung Dirgantara Indonesia (DI). Sehingga yang lain bulan-bulan berikutnya," papar Menteri ESDM tersebut. (Andri Malau)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Erlangga Djumena
Sumber: